Cara Menghilangkan Bekas Stiker

Cara Menghilangkan Bekas Stiker

Cara Menghilangkan Bekas Stiker,Mempercantik sepeda motor sering dilakukan dengan cara menempel stiker atau yang biasa sebut striping pada body motor. Stiker-stiker tersebut bisa rusak dan terkelupas seiring dengan pemakaian motor, terkadang meninggalkan bekas noda lem yang susah hilangkan karena sudah melekat kuat dengan bodi. Cara menghilangkan bekas stiker  motor sebenarnya mudah, bahkan kamu bisa menggunakan barang-barang yang biasa kita pakai setiap hari. Kamu juga tidak perlu usaha lebih untuk membersihkan bekas stiker tersebut. yang telah kita rangkum dalam midi-property

yang disupport oleh Login Poker Online

Akan tetapi kamu tidak bisa sembarangan membersihkannya, karena salah menggunakan bahan atau salah cara membersihkan bisa menimbulkan goresan pada body motor atau malah merusaknya

Alasan Mengapa Sticker Meninggalkan Bekas

Stiker memang desain dengan menggunakan bahan dan lapisan perekat  bagian bawahnya yang akan dengan mudah dan kuat menempel pada permukaan tertentu. Ada beberapa jenis stiker yang akan meninggalkan bekas saat kelupas dan ada yang tidak. Lapisan perekat atau adhesive ini menggunakan beberapa jenis bahan, ada yang dari selotip, lem, atau bisa juga dari campuran gelatin dengan gula atau sirup jagung. Tiap-tiap bahan memiliki kekuatan rekat yang berbeda.

Lapisan adhesive tersebut yang akan menahan stiker pada objek yang tempel agar dapat merekat dalam waktu yang lama. Terkadang, karena daya rekat yang terlampau kuat, bahan permukaan stiker jadi ikut menempel dan sulit kelupas. Biasanya, stiker ini menggunakan bahan kertas di atas lapisan adhesive dan berada dalam keadaan ngin sehingga meninggalkan bekas  benda tersebut. Bekas stiker ini kadang berbentuk sisa bahan stiker atau bahkan lapisan adhesive yang menjadi lengket jika tidak segera bersihkan.

Untuk menghilangkan bekas stiker yang seperti ini di atas objek seperti kaca, plastik, kayu, atau body motor mungkin menyebalkan karena sulit, bahkan berisiko menggores body motor. Tapi beberapa bahan dan cara sederhana bisa membantu menghilangkan bekas stiker d motor tanpa merusak atau menggores cat.

Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor

cara menghilangkan bekas stiker di motor - Cara Menghilangkan Bekas Stiker
Sumber Foto: haryanta.p via. Shutterstock

Beberapa jenis stiker yang meninggalkan bekas memang agak sulit untuk dibersihkan. Tapi cara berikut ini bisa kamu lakukan, yakni menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita untuk menghilangkan lapisan lem maupun bekas stiker yang tertinggal di bodi motor. Namun, sebaiknya kamu tetap memperhatikan bagaimana cara membersihkannya, sebab ada bahan-bahan yang perlu digosok ada yang perlu ditempelkan saja tanpa perlu digosok. Cara tersebut dilakukan untuk melindungi bodi motor kamu agar tetap mulus. Selain itu, untuk perlindungan menyeluruh sebaiknya kamu juga mulai menggunakan asuransi motor, ya!

1. Manfaatkan Aseton untuk Menghilangkan Bekas Sticker di Motor

Yang pertama, cara menghilangkan bekas stiker di motor bisa menggunakan bahan kimia bernama aseton. Yap, mungkin kamu sudah mengenal bahan ini karena aseton biasanya digunakan sebagai nail polish remover atau untuk membersihkan cat kuku. Cat kuku sendiri memiliki sifat perekat yang kurang lebih sama seperti lapisan lem pada stiker, itulah yang menjadi alasan mengapa menggunakan aseton efektif untuk membersihkan bekas stiker. Aseton akan melarutkan semua bahan yang terbuat dari plastik

Lalu bagaimana caranya menggunakan aseton untuk membersihkan bekas stiker? Cukup mudah dan tidak memerlukan usaha keras. Kamu cukup menyiapkan sebotol aseton dan kapas, kemudian tuangkan cairan aseton secukupnya ke kapas lalu oleskan kapas tersebut ke seluruh bekas stiker yang ingin kamu hilangkan. Setelah seluruh bekas lem sudah kamu olesi dengan cairan aseton, tunggu beberapa menit agar aseton bekerja. Selanjutnya gosok perlahan bekas stiker dengan kain bersih hingga bekas lem maupun stiker tersebut menghilang. Kemudan bilas body mobil menggunakan air dan lap hingga kering. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas stiker d objek lain, misalnya laptop.

2. Gunakan Ujung Benda Tajam, Tapi Wajib Perlahan-lahan!

Refleks pertama yang biasanya kita lakukan jika melihat ada bekas stiker d motor pasti ingin menggosoknya, baik dengan menggunakan ujung benda tajam maupun kuku kita. Akan tetapi, cara ini bisa berisiko merusak cat maupun menggores body motor. Oleh karena itu kita perlu selektif jika ingin menggunakan ujung benda tertentu dan sebaiknya pilih yang tipis dan mendatar seperti garpu atau pisau, dan bukan benda tajam seperti sikat keras.

Kamu juga bisa menggunakan kartu ATM atau kartu kredt bekas. Cukup dengan menggosokkan bagian ujung dari benda tajam yang kamu pilih untuk menggosok permukaan yang berstiker. Gosok dengan perlahan dan jangan terlalu kasar atau tekan, cukup sampai bekas stiker terangkat semuanya. Khusus untuk pisau, kamu bisa menggunakan bagian tengah pisau lalu kikis hingga sisa stiker habis. Cara untuk menghilangkan bekas stiker dengan ujung benda tajam ini bisa kamu lakukan d beberapa benda lain, yakni kaca rumah atau kaca bagian belakang mobil yang biasa dtempeli stiker.

3. Cara Menghilangkan Bekas Sticker di Motor dengan Mudah Pakai Tisu Basah

Tisu basah ternyata tak hanya dgunakan untuk membersihkan kotoran saja, namun ternyata bisa dgunakan untuk menghilangkan bekas stiker. Hal ini dsebabkan tisu basah memiliki kandungan bahan kimia yang cukup efektif untuk menghilangkan sisa-sisa lapisan lem dari stiker . Yakni alkohol Selain itu menggunakan tisu basah juga bisa jad cara yang aman serta higienis bagi kulit tangan untuk menghilangkan bekas striping atau stiker d motor yang sudah terlalu lama.

Menggunakannya pun mudah, kamu cukup mengelap bekas stiker yang ada  permukaan body nmotor dengan tisu basah secara perlahan. Kemudian, gosok dengan menggunakan jari hingga bekas stiker bersih. Atau, kamu bisa menempelkan tisu basah d atas bekas stiker selama beberapa menit supaya cairan alkohol pada tisu merembes ke dalam stiker, kemudan gosok hingga semua bekas stiker hilang. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua tisu basah akan memiliki efek yang sama, beberapa jenis bisa membutuhkan proses pembersihan yang berulangkali. Kalau kamu ingin proses yang cepat dan hasil yang memuaskan, pastikan kamu membeli tisu basah yang memiliki kandungan alkohol.

4. Penghapus Pensil Juga Bisa Dipakai untuk Menghilangkan Bekas Sticker

Mungkin kamu tidak akan menyangka kalau benda sederhana seperti penghapus karet pada pensil bisa dgunakan untuk menghapus bekas stiker yang membandel, tapi ternyata benda ini cukup efektif. Material karet yang biasa dgunakan untuk penghapus bisa membantu menggulung residu atau bekas stiker hingga bersih. Bahkan dengan cara ini kamu juga bisa menghilangkan bekas lem aibon yang cukup lengket dan terkadang sulit hilangkan.

Penghapus apa yang bisa pakai? Kamu bisa menggunakan penghapus apapun, dari penghapus kotak biasa maupun penghapus standar yang ada  ujung pensil. Untuk menggunakannya, cukup gosokkan penghapus pada permukaan yang terdapat bekas stiker. Cara ini ideal untuk menghilangkan bekas stiker pada permukaan keras seperti dndng atau kulkas.

5. Manfaatkan Cuka untuk Menghilangkan Bekas Sticker

Punya sebotol cuka rumah? Nah, cuka ini tak hanya berfungsi untuk campuran masakan tapi juga bisa gunakan sebagai pembersih. Kamu bahkan bisa menggunakan cuka untuk membersihkan sisa lem stiker. Cara menggunakannya, kamu bisa menuangkan sedkit cuka pada kain, kuas atau lap kering, damkan selama kurang lebih 5 menit, kemudan gosokkan untuk menghilangkan bekas stiker maupun skotlet pada motor yang sudah terlampau lama. Gosok secara perlahan dengan gerakan memutar hingga bekas stiker menghilang, mungkin kamu perlu mengulangi proses ini beberapa kali.

Jangan lupa untuk bersihkan bekas dari cuka yang menempel menggunakan lap kering yang bersih. Hal ini sangat penting untuk lakukan terutama jika kamu menggunakan cuka untuk membersihkan bekas stiker yang menempel permukaan bagian motor yang terbuat dari besi  Sebab, cuka memiliki kandungan asam yang dapat menimbulkan kerusakan pada bagian dalam besi dan bisa mengakibatkan keropos.

Kamu bisa memilih jenis-jenis stiker tersebut atas jika kamu tidak terlalu ingin drepotkan atau tidak tahu bagaimana cara menghilangkan bekas stiker motor dengan benar. Lalu, supaya menghindari terjadnya kerusakan atau pun goresan pada motor . Sebaiknya kamu tidak menggunakan sikat jenis apapun jangan . Menggunakan pengering rambut (terutama jika stiker berada dekat daerah tangki bensin) dan hindari penggunaan tisu karena partikel tisu justru malah akan menempel dan semakin sulit untuk bersihkan.

Comments are closed.