Informasi Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Informasi Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Informasi Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi: Rute, Tips, dan Harganya

Informasi Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi – Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai yang terdapat di Banyuwangi, Jawa Timur, tepatnya di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yaitu sebelah Tenggara Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dunia pariwisata Indonesia kembali diakui dunia.

Kini, giliran idnplay apk Pantai Plengkung di Banyuwangi terpilih sebagai lokasi Liga Selancar Dunia 2021. Potensi destinasi wisata satu ini memang sudah tak diragukan lagi. Pantai yang disebut dengan G Land ini selalu jadi jujugan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk berselancar. Buat kamu yang belum pernah atau berencana liburan ke sini, berikut beberapa informasi wisata yang harus kamu tahu.

Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Lokasi: Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-16.00 WIB.

Harga: WNI dikenakan harga Rp15 ribu, sedangkan WNA seharga Rp150 ribu.

Fasilitas yang disediakan

Destinasi satu ini sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai. Mengingat terkenal hingga mancanegara, ada banyak penginapan di dekat pantai yang menawarkan dari harga murah hingga mahal.

Selain itu, pantainya sendiri sudah dilengkapi dengan kamar mandi, tempat beristirahat, payung, penyewaan papan selancar, hingga beberapa papan petunjuk yang mempermudah perjalananmu.

Rute menuju Pantai Plengkung

Untuk bisa menuju Pantai Plengkung, ada dua rute yang paling dimintai pengunjung. Keduanya memberikan sensasi yang berbeda, berikut di antaranya:

Rute darat:

Pantai Plengkung berada di dalam Taman Nasional Alas Purwo, sehingga kamu harus melewatinya. Hal ini tentu saja memberikan pemandangan alami yang menakjubkan.

Kamu bisa memulainya dari pusat Kota Banyuwangi, lalu menuju Kaliapit. Setelah itu, menuju ke Pasaranyar dan Trianggulasi, lalu ke arah Pancur. Kalau sudah sampai di Pancur, kamu bisa langsung menuju ke arah Pantai Plengkung.

Rute laut:

Berbeda dengan rute darat, rute ini bakal menyuguhkanmu pemandangan lautan yang indah. Sayangnya, masih banyak pengunjung yang enggan mencoba rute satu ini, karena cukup memakan waktu.

Mulailah dari Kota Banyuwangi, lalu berkendara ke Grajagan. Dari situ, kamu bisa menyewa speedboat untuk menyebrangi Teluk Granjagan untuk langsung menuju Pantai Plengkung.

Ada apa saja sih di Pantai Plengkung?

Selama berlibur di Pantai Plengkung, ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Hal utama yang sudah pasti harus kamu coba adalah berselancar. Ganasnya ombak di sini sudah diakui dunia, gak heran kalau dipilih sebagai lokasi Liga Selancar Dunia 2021.

Uniknya lagi, terdapat tiga jenis ombak di pantai ini. Kong waves adalah ombak tertinggi yang mencapai 6-8 meter. Kemudian ada speedis waves dengan tinggi ombaknya mencapai 5-6 meter.

Terakhir, many track waves yang cocok buat para pemula, karena tingginya 2-4 meter saja. Kalau kamu tak memiliki alat selancar, tenang saja. Lantaran sudah cukup banyak yang menyewakan peralatan selancar, mulai dari papan hingga baju renang.

Kalau tak ingin berselancar, kamu bisa melakukan kegiatan seru lainnya, bersepeda misalnya. Kapan lagi bersepeda dengan pemandangan tak biasa kalau gak di Pantai Plengkung.

Tak hanya menyusuri garis pantai, kamu bisa bersepeda mengelilingi Taman Nasional Alas Purwo, lho. Kamu bisa membawa sepedamu sendiri atau menyewa di sana. Harganya cukup terjangkau, sejam hanya Rp20 ribu.

Pemandangan di Pantai Plengkung terkenal sangat menawan, sehingga banyak orang yang memilih berburu foto estetik di sini. Kalau kamu hobi fotografi, aktivitas turis yang sedang berselancar bisa jadi objek foto yang menarik, lho.

Selain itu, singgahlah hingga sore hari. Saat itulah,suasana pantai bakal berubah menjadi lebih romantis. Dihiasi sinar jingga dari matahari yang sedang terbenam, pantai ini wajib untuk kamu abadikan.

Tips yang bisa kamu terapkan

da beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin berkunjung ke Pantai Plengkung, di antaranya:

  1. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi, karena sangat jarang ada angkutan umum yang mengantar hingga ke Pantai Plengkung.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman, seperti kaus dengan bahan tak terlalu tebal. Hawanya terkenal terik, apalagi saat siang hari.
  3. Bawalah papan selancar atau sepedamu sendiri. Selain lebih hemat, kamu bisa menggunakan sepuasmu tanpa terburu waktu.
  4. Selalu gunakan sunscreen. Dengan begitu, kulitmu tak akan rusak atau belang.
  5. Hindari memberi makan satwa liar sembarangan, agar tak terjadi hal buruk. Terkadang ada rusa yang suka berkeliaran di sana.

Itulah informasi lengkap liburan ke Pantai Plengkung alias G Land di Banyuwangi, Jawa Timur, yang jadi spot Liga Selancar Dunia 2021. Yuk, segera jadwalkan tanggal liburanmu!

Comments are closed.